BADAN HUKUM CU MOTOTABIAN: Nomor : 07/BH/XXV.13/DPPPKM-KK/XII/2010, tanggal 16 Desember 2010

Sabtu, 16 April 2011

Heboh ... dan Memukau RAT CUMT Tahun Buku 2010


RAPAT ANGGOTA TAHUNAN THN BUKU 2010
CREDIT UNION MOTOTABIAN (CUMT)

Tema :
"Pertobatan ... Menuju Kesejahteraan
dan Kebebasan Finansial"

Minggu, 20 Februari 2011 pukul 10.00 Wita, masyarakat Kota Kotamobagu khususnya masyarakat yang berdomisili disepanjang jln. Diponegoro Kel. Biga dikagetkan dengan gemuruh bunyi drum band yang dimainkan oleh siswa-siswi SMP/SMA Katolik Theodorus Kotamobagu dan pawai panjang yang diikuti oleh Penasehat, Dewan Pengurus, Badan Pengawas, Staf dan anggota CUMT peserta RAT yang berjumlah 217 orang dari Gereja Katolik menuju Aula Santa Ursula yang terletak di kompleks SMP/SMA Katolik Theodorus Kotamobagu, milik Yayasan Pendidikan Satya Bhakti Perwakilan Kotamobagu yang dikelolah oleh suster-suster Ursulin.

Sebelum pawai, kegiatan RAT Tahun Buku 2010, diawali dengan Perayaan Ekaristi di Gereja Katolik Kristus Raja Kotamobagu yang dipimpin oleh Pastor Paroki Kristus Raja Kotamobagu Pastor Berce Gregorius Rorimpandey, Pr, yang juga adalah anggota sekaligus Penasehat Credit Union Mototabian.

RAT Tahun Buku 2010 CUMT dimulai tepat pukul 11.00 Wita yang diawali dengan acara Pembukaan dihadiri oleh Pastor Benny Salombre, Pr, sebagai Ketua Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Manado sekaligus juga anggota dan Penasehat CUMT, Bapak Drs. Syarifudin Makalalag sebagai Kepala Bidang Koperasi dan UKM bersama Bapak Samsudin Mokodompit mewakili Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Penanaman Modal Kota Kotamobagu.
Acara Pembukaan yang dipandu oleh Ibu Yustina Sugiyanti, Bapak Drs. Faustinus Vence Taroreh dan Saudari Telly K. Kaloh, S.Si, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Credit Union, tarian "Kabela" (tari penyambut tamu), doa pembukaan dan penampilan yang memukau lewat sajian tarian "Inde Dou" oleh siswi-siswi SMA Katolik Theodorus Kotamobagu yang menggambarkan "Bogani" Wanita tanah Totabuan pada abad ke-17, kemudian acara dilanjutkan dengan laporan Panitia RAT yang dibawakan oleh Ketua Panitia Bapak Paulus Fanulene. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Sambutan pertama oleh Ketua CUMT Bapak Aloysius Laka, BA, S.IP, intinya menekankan 3 PRINSIP UTAMA Credit Union :


1. Modal hanya diperoleh dari anggota (asas swadaya)
2. Pinjaman hanya diberikan kepada anggota
    (asas dari, oleh dan untuk anggota).
3. Jaminan terbaik dari pinjaman adalah WATAK anggota
    (asas kepercayaan, kesetiakawanan dan persaudaraan)

Selain itu dalam sambutannya mengingatkan kembali kepada peserta RAT, 3 PILAR Credit Union yang harus dijaga dan dipegang teguh oleh seluruh anggota Credit Union, yaitu :
1. PENDIDIKAN,
    dengan mottonya : Mulai dengan pendidikan,
    berkembang melalui pendidikan,
    dikontrol oleh pendidikan dan
    bergantung pada pendidikan.
2. SWADAYA,
    dengan mottonya : Dari anggota,
    Oleh anggota dan Untuk anggota
3. SOLIDARITAS,
    dengan mottonya : Anda susah saya bantu,
    saya susah anda bantu.

Jika CU tidak memperhatikan ke-3 pilar tersebut, CU tersebut bagaikan sebuah bangunan yang tidak memiliki tiang penyanggah yang kuat, maka akan mudah roboh. Demikian juga dalam pengembangannya, jika CU tidak memperhatikan ke-3 pilar tersebut sudah dipastikan CU akan hancur dan mati.

Sesuai Visi CU Mototabian "Menjadi Lembaga Keuangan Pilihan Utama Masyarakat yang Tangguh dan Terpercaya", maka saya menghimbau :
1.  Kepada Dewan Pengurus, Badan Pengawas dan Staf agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada anggota bukan saja menuju kesejahteraan tetapi sampai menuju kebebasan finansial.
2.  Kepada anggota diharapkan untuk meningkatkan tabungan agar cepat mencapai kesejahteraan, terutama cepat mencapai kebebasan finansial dan jangan lalai mengangsur karena CUMT adalah milik anggota.
3.  Kepada pemerintah, melalui Disperindagkop dan Penanaman Modal Kota Kotamobagu agar membantu memasyarakatkan CUMT dan men-CUMT-kan masyarakat. Sehingga CUMT benar-benar menjadi Lembaga Keuangan Pilihan Utama Masyarakat yang Tangguh dan Terpercaya. Karena CUMT adalah salah satu asset umat Katolik sekaligus juga CUMT adalah salah satu lembaga keuangan milik masyarakat yang telah mendukung program pemerintah Kota Kotamobagu menjadi kota jasa. Karena dari jumlah 704 anggota CUMT + 55% anggota CUMT berasal dari masyarakat Kota Kotamobagu dan sisanya dari luar Kota Kotamobagu (Bolmong, Boltim, Bolsel, Bolmut, Manado, Kota Bitung, Minahasa, Minsel, Minut, Mitra, Kota Tomohon, Gorontalo, Sangihe, Talaud, Jakarta, Sulawesi Tengah, Papua dan NTT).
Akhir kata, saya atas nama Dewan Pengurus, Badan Pengawas, dan Manajemen berharap semoga RAT ini dapat menghantar kita menuju PERTOBATAN benar sesuai dengan Dasar, Pilar, Prinsip, Nilai dan Roh Gerakan Credit Union menuju KESEJAHTERAAN DAN KEBEBASAN FINANSIAL yang kita cita-citakan bersama.

Sambutan kedua disampaikan oleh Pastor Benny Salombre, Pr, sebagai Ketua Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Manado. Mengawali sambutannya mengajak seluruh peserta RAT dengan salam CU, dengan suara lantang bertanya kepada peserta RAT, CU Sejati ?? dijawab dengan lantang oleh 217 orang peserta, CU MOTOTABIAN…. Beliau mengawali sambutan bahwa sampai sekarang sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa CU itu miskin dan kampungan. Hari ini CU Mototabian telah membuktikan bahwa CU memang milik orang miskin tapi tidak kampungan. Jika orang miskin dan kaum terpinggirkan bersatu akan menjadi satu kekuatan yang tidak tertandingi. Saya bangga dengan kehadiran Credit Union Mototabian, karena sejak berdiri 4 Desember 2008, telah menunjukkan perkembangan dan kemajuan yang luar biasa dalam mensejahterakan masyarakat terutama dalam menyiapkan modal usaha bagi kaum miskin. Harapan saya agar Credit Union Mototabian menjadi gerakan untuk memberdayakan kelompok-kelompok khusus bagi kaum miskin yang secara ekonomi aktif dan mempunyai potensi serta energy untuk berkembang. Terutama sangat penting gerakan pemberdayaan melalui pendidikan kewirausahaan dan pembentukan modal tanpa menggantungkan diri dari sumber modal berskala besar ataupun dari pemerintah. Saya berharap agar Credit Union Mototabian dalam gerakannya untuk mendidik anggota dan membentuk modal secara mandiri ini, tentu tidak dapat dilepaskan dari proses pembentukan sikap saling percaya, kejujuran dalam usaha, kreativitas, inovasi, kualitas, ketepatan waktu, pola hidup hemat dan sebagainya.

Sambutan ketiga disampaikan oleh Bapak Drs. Syafudin Makalalag, sebagai Kepala Bidang Koperasi dan UKM mewakili Kepala Dinas Perindagkop dan Penanaman Modal Kota Kotamobagu. Dalam sambutannya mengatakan bahwa ketika Dewan Pengurus CUMT menghadap saya dan memohon untuk pembuatan Badan Hukum, saya ragu dan mengatakan kepada stafnya untuk diteliti secara seksama permohonan tersebut, sebab Koperasi yang ada di Kota Kotamobagu sampai sekarang + 258 koperasi. Saat mendirikan para pendirinya antusias dan penuh semangat, namun ketika ditengah perjalanan banyak yang membiarkan koperasinya. Dengan menghadiri RAT hari ini saya melihat sendiri ternyata Dewan Pengurus, Badan Pengawas dan Staf CUMT telah menunjukkan keseriusan dan kesungguhan dalam mendirikan dan mengelolah Koperasi Credit Union Mototabian, karena dalam tempo 2 tahun telah menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan yang luar biasa, baik pertumbuhan asset maupun pertumbuhan jumlah anggota. Namun beliau menambahkan akan lebih yakin lagi apabila sehat organisasi, sehat administrasi (keuangan dan non keuangan) dan sehat usaha. Credit Union Mototabian sudah dibuktikan dengan hasil audit dari Dinas Perindagkop dan Penanaman Modal. Tambah beliau namun atas nama pemerintah Kota Kotamobagu mengucapkan terima kasih banyak, karena kehadiran Credit Union Mototabian telah sesuai dengan harapan Bapak Walikota Drs. Hi. Djelantik Mokodompit, bahwa Kota Kotamobagu akan menjadi KOTA KOPERASI. Usai menyampaikan sambutan dilanjutkan melantik Penasehat, Dewan Pengurus, dan Badan Pengawas masa bakti 2008-2011.

Usai pelantikan dilanjutkan dengan makan siang bersama, dilanjutkan dengan acara RAT yang diawali dengan Pembacaan risalah RAT Tahun Buku 2009, Pembahasan dan Pengesahan Tata Tertib Tahun Buku 2010, oleh Bapak Markus Sugeng, S.Pd.

Kemudian dilanjutkan dengan laporan pertanggungjawaban Dewan Pengurus Bapak Aloysius Laka, BA.S.IP, sebagai berikut :




1.  Tingkat pertumbuhan asset Tahun Buku 2010 sebesar 123,8% dan anggota sebesar 95%.
2.  Masyarakat mulai mengerti dan merasakan manfaat keberadaan CU Mototabian sebagai lembaga pemberdayaan ekonomi keluarga, dibuktikan dengan angka rata-rata jumlah simpanan anggota Rp. 5,9 juta.
3.  Tahun Buku 2010 CU Mototabian telah  memiliki Badan Hukum dengan nomor : 07/BH/XXV.13/DPP-KPM-KK/XII/2010, tanggal 16 Desember 2010.
4.  Pembentukan dan Perutusan Kelompok Inti (POKTI) CUMT merupakan sarana penting untuk mencapai target anggota dan asset yang telah dijabarkan dalam business plan Tahun Buku 2011. Tanpa kelompok inti CUMT tetap berjalan ditempat tanpa mengalami perubahan yang berarti.
5.  Menjalin kerjasama : antar CU melalui BKCUK, Lembaga Pendamping, Bidang PSE Keuskupan Manado, Paroki Kristus Raja Kotamobagu serta paroki-paroki lainnya.

Laporan pertanggungjawaban Badan Pengawas disampaikan oleh Ketua Badan Pengawas Bapak Rocky J. Terok, sebagai berikut :
1.  Aspek Hukum : Keamanan dan legalitas CUMT dari segi hukum dapat dipertanggungjawabkan.
2.  Aspek Organisasi :
a) Perubahan dan reposisi kepengurusan dan manajemen berdampak sangat positif pada kinerja CUMT.
b) Perlunya dipahami oleh semua pihak bahwa pengetahuan anggota tentang CU akan dipenuhi dalam pendidikan dasar.
3.  Aspek Keuangan :
a) Kinerja keuangan CU Mototabian dapat diandalkan.
b) Perlunya kesadaran seluruh anggota untuk menjaga kesehatan keuangan CUMT yang adalah milik bersama anggota dengan secara disiplin memenuhi kewajibannya atau tidak menunggak.
c)  Dana Bantuan Duka (Baka) adalah bentuk solidaritas antar sesama anggota dan untuk kepentingan anggota itu sendiri sehingga diperlukan kesadaran anggota untuk melunasi kewajiban tersebut setiap tahun.
4.  Aspek Manajemen : Sudah melaksanakan tugas dengan baik, namun perlu ditingkatkan kinerja dalam bentuk pelayanan kepada anggota dengan baik dan professional.
Usai laporan pertanggungjawaban Dewan Pengurus dan Badan Pengawas, acara dilanjutkan dengan tanggapan peserta RAT terhadap laporan tersebut, yang dipandu oleh Bapak Drs. Faustinus V. Taroreh dan Bapak Markus Sugeng, S.Pd. Semua pertanyaan yang diajukan oleh peserta RAT dijawab dengan lugas, tegas dan jelas oleh Bendahara sekaligus Manajer CUMT Bapak Ir. Lucky Steven Musung, sehingga dapat dipahami dan memuaskan semua peserta RAT.

Dan akhirnya laporan pertanggungjawaban Dewan Pengurus dan Badan Pengawas diterima oleh peserta RAT Tahun Buku 2010, yang ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Penerimaan LPJ yang mewakili peserta RAT, yaitu Bapak Lodewyk Aray, S.IP (Kotamobagu), Bapak Verly Tielung, S.Fil (Minahasa Selatan) dan Yohanes Jansen Waworundeng (Minahasa).

Acara RAT dilanjutkan dengan penyampaian Program Kerja Credit Union Mototabian Tahun Buku 2011 yang intinya adalah :
1.  Peningkatan kuantitas CUMT :
·       Jumlah anggota menjadi 2.054 orang
·       Jumlah rata-rata simpanan anggota Rp. 6.300.000,-
·       Jumlah asset menjadi Rp. 13.500.000,-
·       Peluncuran produk simpanan khusus untuk anak sekolah “IJASAH” (Impian JAdi SArjana Handal).
·       Perluasan wilayah pelayanan diluar Kotamobagu, Bolmong, Bolsel, Boltim dan Bolmut.
2.  Peningkatan Kualitas CUMT :
·       Pendidikan Dasar dan Pendidikan Lanjutan Anggota.
·       Pendidikan dan Pelatihan bagi 48 orang Kelompok Inti.
·       Pendidikan dan Pelatihan bagi Penasehat, Dewan Pengurus, Badan Pengawas dan Manajemen baik internal (CUMT) maupun eksternal (BKCUK).
·       Pemasangan program komputerisasi “SIKOPDIT CS” dalam system pelayanan manajemen.
·       Peningkatan pelayanan kepada anggota secara professional.

Dan Program-program yang disampaikan semuanya disetujui oleh peserta RAT, dilanjutkan dengan penyerahan Program Kerja CUMT Tahun Buku 2011 oleh Ketua Dewan Pengurus kepada Manajemen diwakili oleh Bapak Ir. Lucky S. Musung selaku Manajer, yang selanjutnya operasionalnya akan dilaksanakan oleh 4 orang staf.

Akhirnya pada pukul 17.00 Wita, RAT Tahun Buku 2010 ditutup oleh Ketua Dewan Pengurus Credit Union Mototabian Bapak Aloysius Laka, BA, S.IP, dilanjutkan dengan doa dan menyanyikan lagu MARS CREDIT UNION MOTOTABIAN ciptaan Bapak Max Millian Joseph Polandos, S.Pd yang adalah anggota CUMT dan dilanjutkan dengan foto bersama.
Sayonara … sampai jumpa pada RAT Tahun Buku 2011 di Tahun 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer