BADAN HUKUM CU MOTOTABIAN: Nomor : 07/BH/XXV.13/DPPPKM-KK/XII/2010, tanggal 16 Desember 2010

Selasa, 21 Desember 2010

MAKNA GERAKAN CREDIT UNION

MAKNA GERAKAN CREDIT UNION
Caritas In veritate (Cinta kasih Dalam Kebenaran) Yang mengupas perintah Kristus sang  Guru Utama dan lebih mendalam lagi terkait dengan kenyataan hidup harian masyarakat dalam era globalisasi.Tanpa cinta kasih gereja kita tidak mungkin bertahan hingga sekarang.
Cinta kasih dalam kebenaran adalah tenaga yang membangun komunitas tanpa batas. Perkembangan dalam bidang ekonomi,social dan politik seharusnya merupakan ungkapan persaudaraan universal yang berdasarkan kemanusiaan yang adil.
Sebenarnya perintah cinta kasih ini sudah diwujudkan dikalangan umat kristiani yang menjalankan program Credit Union (CU). Secara pastoral, Credit Union terkait dengan Paroki yang memberdayakan kehidupan social ekonomi umat serta bidang-bidang lainya.
Menurut catatan P.M. Sitanggang Credit Union Yang ada di Kalimantan Barat yang tergabung dalan Badan Koordinasi Credit Union Kalimantan (BKCU-K) termasuk CU yang memiliki asset paling besar (3,5 Triliun) Juga paling pesat perkembanganya.Gerakan pemberdayaan umat melalui Credit Union Telah mengangkat harkat dan martabat umat/rakyat kecil yang belum tersentuh dan tidak mempunyai akses ke dunia Perbankan.
Paus Benediktus XVI menyatakan : Ekonomi pasar bebas dan kapitalistik telah menghantar  orang pada kemerosotan kejujuran dan keserakahan. Dampak yang lebih parah lagi,proses ekonomi itu tidak lagi berlandaskan pada cinta kasih dan kebenaran, tapi berorientasi pada keuntungan semata, Yang kaya merajalela, yang miskin semakin tertindas.
Pada waktu siding KWI tahun 2006 mengeluarkan sebuah Nota Pastoral dengan judul ”Habitus" baru demi kesejahteraan bersama, Keadilan bagi semua : Pendekatan sosio ekonomi. Ada empat hal pokok dalam nota pastoral ini :
Pertama : Melihat Kondisi Indonesia,secara khusus dirumuskan ”Masalah social Ekonomi”.
Kedua : Masalah social ekonomi itu  kemudian dipandang serta diartikan dalam terang iman, ditindaklanjuti dengan “Tanggapan Pastoral”.
Ketiga : Tanggapan pastoral tersebut dicermati kembali untuk menentukan arah ”Grakan Sosial Ekonomi”.
Keempat : Seturut arah Gerakan sosial ekonomi  itu ditentukan Rancangan Gerakan Pemberdayaan Bersama melalui usaha sosial ekonomi.
Lalu dimanakah ada suatu Rancangan system keuangan/ekonomi yang kurang lebih mendekati prinsip-prinsip yang ”Bermoral dan Bermartabat”, seperti yang dikemukakan sri Paus?
Credit Union menjadi salah satu alternatif untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas.

Lebih jauh tentang makna gerakan Credit Union dalam gereja:
1.  Gerakan Credit Union adalah gerakan pembebasan manusia dari penindasan dan kemelaratan,agar mereka dapat keluar dari kesulitan dan ketergantungan hidup pada orang lain.
2.  Gerakan Credit Union adalah jalan Solidaritas (Anda susah saya bantu,Saya susah anda bantu),dimana semua anggotanya dapat saling menolong dan membangun menuju kesejahteraan hidup.
3.   Gerakan Credit Union Dapat menjadi sarana pewartaan dan kerasulan gereja yang dapat mendatangkan kebaikan bagi yarakat.
4.   Credit Union memberdayakan manusia.
5.   CU mendorong Ekonomi Rumah Tangga Yang Kokoh.
6.   Credit Union Menciptakan Lapangan Kerja
7.  Credit Union Memperkuat Keswadayaan social,budaya,ekonomi dan politik rakyat yang akan mengurangi ketergantungan pada Negara.
8.  Menciptakan pensiun mandiri dan jaminan social keluarga miskin.
9.  Gerakan Pemberdayaan lembaga Credit Union Adalah unik dan lain dari pada yang lain.Di lembaga Credit Union ada 3 aktifitas sekaligus yang langsung Bekerja/berjalan,yang merupakan ciri khas gerakannya, yaitu CIRI KOPERSI, CIRI BANK  dan  CIRI ASURANSI.

SEBAGAI CIRI KOPERASI :
1.  Sebagai pemegang Saham (berarti sebagai pemilik lembaga).
2.  Ada pendidikan dan pelatihan berkelanjutan bagi anggota, pengurus, pengawas dan pengelola (manajemen).
3. Tempat meminjam modal dan mengembangkan kekayaan.

CIRI BANK, ada Produk Simpanan:
- Simpanan Utama Sukarela (Untuk merancang Pensiun Mandiri)
- Tabungan DEPOSITO
- Tabungan Harian

CIRI ASURANSI, ada:
- Perlindungan Santunan Duka(SDA) dan Perlindungan Pinjaman Anggota
- Solidaritas Kesehatan
- Santunan Rawat Inap
- Santunan ibu melahirkan
- Bantuan Anak Sekolah
- Dana Resepsi Pernikahan

SEPERTI APAKAH KEHIDUPAN YANG KITA ANGGAP LAYAK UNTUK DIPERJUANGKAN BAHKAN DENGAN PENDERITAAN HEBAT SEKALIPUN ?
JADIKANLAH CREDIT UNION SEBAGAI KENDARAAN ANDA MENUJU KEHIDUPAN YANG SEJAHTERA.
(AKTIFIS CU MOTOTABIAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer