BADAN HUKUM CU MOTOTABIAN: Nomor : 07/BH/XXV.13/DPPPKM-KK/XII/2010, tanggal 16 Desember 2010

Jumat, 03 Februari 2012

MENYONGSONG RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT) KE-3 CREDIT UNION MOTOTABIAN 11 MARET 2012

Perangkat organisasi tertinggi pada suatu Credit Union adalah Rapat Anggota yang biasa dilaksanakan sebagai Rapat Anggota dalam hal ini  Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang dilaksanakan setiap tahun sebagai Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas dalam satu tahun kerja juga Pengesahan Perencanaan Strategi dan Rencana Bisnis (Strategic Planning and Business Plan) Tahun 2012. RAT adalah forum tertinggi dimana anggota memiliki hak suara (one member one vote) bagi Credit Union.

Credit Union Mototabian (CUMT) siap untuk menyelenggarakan RAT sebagai pertanggungjawaban Dewan Pengurus dan Badan Pengawas Tahun Buku 2011 dan Pengesahan Perencanaan Strategi dan Rencana Bisnis (Strategic Planning and Business Plan) Tahun Buku 2012 serta Pemilihan Dewan Pengurus dan Badan Pengawas masa bakti 2012 - 2015.  

Peserta RAT CUMT  Tahun Buku 2011 : Dewan Pengurus, Badan Pengawas, Penasehat dan seluruh anggota CUMT  (terdaftar s.d. Tahun 2011) serta Badan Koordinasi Credit Union Kalimantan (BKCU-K) sebagai Credit Union Sekunder yang merupakan jaringan dari CUMT Kotamobagu.

Forum RAT merupakan forum untuk menyampaikan pendapat, gagasan, saran serta kritik yang membangun agar pelayanan dan usaha Credit Union dapat berjalan dengan lebih baik lagi. Persoalan-persoalan yang sifatnya teknis sebaiknya dibicarakan sebelum atau sesudah RAT, sehingga RAT benar-benar dapat menghasilkan output yang sifatnya strategis dan bermakna.

Makna RAT pada Credit Union

Credit Union dalam melaksanakan RAT mempunyai beberapa makna/pengertian yang tersurat dalam Undang-Undang pada Rapat Anggota Tahunan dalam Gerakan Credit Union Indonesia sebagai berikut :

Makna Bertemu (Silaturahmi)
Karena Credit Union merupakan kumpulan atau asosiasi orang-orang, maka kebutuhan pertama dan utama mereka adalah bagaimana mereka bertemu untuk saling sapa, saling mengenal, saling tukar pikiran, saling tukar informasi yang diwadahi oleh Credit Union dengan diadakan pertemuan (silaturahmi) secara berkala dalam bentuk Rapat Anggota Tahunan.

Makna Pertanggungjawaban Organisasi
Pengurus Credit Union merupakan bagian organisasi Credit Union yang dipercayakan oleh Rapat Anggota untuk menjalankan roda usaha dan pelayanan anggota. Karena itu semua kebijakan dan hasil kegiatan Pengurus selama satu tahun buku harus dilaporkan kepada yang memberikan mandat yaitu kepada Rapat Anggota sebagai lembaga tertinggi dalam Credit Union. Demikian juga Pengawas harus melaporkan hasil pengawasan terhadap Credit Union selama satu tahun buku kepada Rapat Anggota yang memberikan mandat untuk mengawasi jalannya usaha dan organisasi yang dijalankan oleh Pengurus.

Komponen yang harus dilaporkan kepada Rapat Anggota antara lain : Perkembangan Organisasi, Perkembangan Usaha (Keuangan untuk Credit Union), Perkembangan Manajemen Credit Union.
 
Perkembangan tersebut diharapkan disampaikan secara tuntas dan transparan oleh Pengurus maupun Pengawas sehingga kepercayaan anggota sebagai pemilik Credit Union benar-benar dapat memberikan apresiasi yang lebih besar kepada Pengurus dan Pengawas. Dengan kepercayaan tersebut berdampak positif bagi anggota karena mereka akan menyimpan dana lebih besar lagi. Pada makna inilah anggota berperan untuk menyimak secara mendalam tentang laporan baik organisasi, keuangan, maupun manajemen kopdit.

Makna Pengesahan Perencanaan Strategi dan Rencana Bisnis (Strategic Planning and Business Plan)
Rapat Anggota pada Credit Union, salah satu agenda yang penting adalah menyimak, mempelajari dan menetapkan Perencanaan Strategi dan Rencana Bisnis (Strategic Planning dan Business Plan) Tahun 2012. Kadang-kadang peserta RAT saat memasuki agenda tersebut kondisi dan perhatian sudah mulai menurun, sehingga sudah tidak dapat mencermati secara detail Perencanaan Strategi dan Rencana Bisnis (Strategic Planning and Business Plan).  

Rencana kerja dan kegiatan akan berdampak pada anggaran, karena itu mungkin perlu dipelajari baik-baik tentang rencana kerja dan kegiatan yang sifatnya kurang memberikan dampak positif terhadap usaha dan pelayanan, karena itu sebaiknya dikoreksi dan memberikan peluang kepada rencana kerja yang sifatnya produktif dan efisien. Rapat Anggota seharusnya dapat menganalisa usaha dari Perencanaan Strategi dan Rencana Bisnis (Strategic Planning dan Business Plan), khususnya sisi asset yang produktif. Apakah rencana Sisa Hasil Usaha (SHU) dapat memberikan deviden anggota yang layak? Layak artinya sesuai dengan tingkat bunga pasar. Rencana investasi apakah aman dan dapat memberikan penghasilan kepada lembaga?

Apakah rancangan biaya modal dapat memberikan rangsangan kepada anggota untuk menabung lebih banyak ke kopdit? Atau rancangan biaya modal perlu ditekan karena banyak dana yang idle? Semuanya perlu dikaji sehingga rencana kerja dan RAPB benar-benar terarah dan rasional sehingga mencapai hasil yang optimal.

Makna Pembelajaran Demokrasi
Salah satu prinsip Credit Union adalah pengawasan secara demokratis oleh anggota-anggotanya, karena itu RAT merupakan bagian dari pelaksanaan prinsip demokrasi dari Credit Union. Kekuasaan tertinggi pada Credit Union adalah Rapat Anggota yang dihadiri oleh anggota-anggota Credit Union. Pada forum RAT ini merupakan kesempatan anggota untuk belajar bagaimana menyampaikan pendapat yang benar, bagaimana memberikan pikiran-pikiran atau input untuk pengurus dan pengawas Credit Union.

Bagaimana mereka dapat mengkritisi dengan benar terhadap laporan Pengurus dan Pengawas Credit Union, bagaimana mereka menggunakan hak mereka dengan benar tanpa harus meniadakan hak orang lain, bagaimana mereka bisa menghargai pendapat orang lain, tanpa harus memusuhinya dan sebagainya. Dengan sering mengikuti RAT, diharapkan anggota dapat menimba ilmu dan pengetahuan dari anggota lain yang sudah tahu tentang pelaksanaan RAT secara demokratis.


Dengan dilaksanakannya RAT oleh setiap Credit Union, menunjukan bahwa organisasi Credit Union tersebut masih berjalan dan masih patuh pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga sebagai kekuasaan tertinggi pada lembaga yang menamakan dirinya sebagai Credit Union.

Diharapkan Gerakan Credit Union Indonesia benar-benar konsisten melaksanakan RAT sebagai pertanggungjawaban organisasi dan tidak sekedar melaksanakan pertanggungjawaban organisasi dan tidak sekedar melaksanakan kewajiban tetapi harus bermakna agar bermanfaat dan bernilai bagi pengembangan dan pemahaman anggotanya.

Bagi seluruh anggota Credit Union Mototabian, manfaatkanlah kesempatan baik ini sebab anda sebagai pemilik Credit Union Mototabian dan sebagai tanggung jawab atas kepemilikan tersebut, anda diundang untuk hadir pada RAT Credit Union Mototabian yang akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 11 Maret 2012 pukul 10:00 s.d. selesai, bertempat di Aula Gereja Katolik Paroki Kristus Raja Kotamobagu, Jln. Ahmad Yani No. 797 (Kompleks SD Katolik Christi Regis) Kotamobagu – Sulawesi Utara
Selamat menyongsong RAT CUMT Tahun Buku 2011. Semoga Sukses.

1 komentar:

Entri Populer