BADAN HUKUM CU MOTOTABIAN: Nomor : 07/BH/XXV.13/DPPPKM-KK/XII/2010, tanggal 16 Desember 2010

Selasa, 10 Januari 2012

AJARKAN ANAK ANDA MENABUNG SEJAK USIA DINI

Sudah ada berapa teori tentang mengajarkan uang kepada anak? Mungkin setiap orang tua akan memiliki teori yang berbeda dengan yang lain. Setiap keluarga pun memiliki budaya tentang uang yang berbeda sehingga teorinya pun berbeda.
Teori terbaru yang saya tulis disini adalah kreasi dari Nathan Dungan, pendiri Share Save Spend, sebuah organisasi yang membantu anak muda dan dewasa untuk memiliki kebiasaan manajemen uang yang baik.

Tujuan dari program Share Save Spend adalah untuk memberikan alat yang mudah digunakan agar semua orang bisa belajar menyeimbangkan antara pengeluaran dan menabung.



Teori ini ditulis dalam buku  Prodigal Sons and Material Girls: How Not to Be Your Child’s ATM . Inti dari teori yang diberikan oleh Nathan Dungan adalah:
Berikan uang jajan kepada anak anda sejak umur 5 tahun.
Ajarkan anak anda untuk:
  • Menabung 25% dari uang jajan tersebut
  • Membagi 25% dari uang jajan tersebut
  • Hanya boleh membelanjakan 50% dari uang jajan tersebut
Maksudnya membagi adalah untuk mengajarkan anak membelanjakan uang tersebut untuk keluarga atau sebagai aksi sosial.

Satu trik lagi pada waktu belanja adalah bila anak anda menginginkan sesuatu, buatlah peraturan untuk memikirkan keinginan tersebut selama 24 jam. Waktu tersebut akan mengajarkan anak untuk tidak membeli karena emosi saja, tetapi direncanakan dan agar anak tersebut mengerti kepuasan setelah menunggu.


Menurut saya teori baru ini sangat baik untuk dicoba. Mungkin sudah banyak yang mengajarkan anak untuk menabung, tetapi bila anak ingin mengambil semua tabungan untuk membeli barang, karena tidak ada peraturan untuk benar-benar menabung maka hal itu belum lengkap. Dengan cara ini, maka anak akan tetap ada tabungan dan suatu perencanaan/anggaran belanja yang lebih baik.

-    Jelaskan manfaat menabung

Anda dapat memulai mengajarkan menabung dengan memberitahu apa manfaatnya bila ia rutin menabung setiap hari. Dengan menabung, ia tidak akan boros dan kelak bisa memiliki banyak uang yang bisa dipakai untuk persediaan apabila diperlukan. Jadi dalam hal ini ingatkan anak untuk selalu menabung.

Nah tunggu apalagi, cobalah dari sekarang juga untuk mengajarkan anak anda gemar menabung. Ajarkan pula bahwa Bank bukan satu-satunya tempat untuk menaruh uang. Salah satunya adalah produk Credit Union Mototabian Simpanan "IJASAH" (Impian JAdi SArjana Handal) dikhususkan bagi para pelajar/mahasiswa.




Setiap keluarga memang berbeda, tetapi mudah-mudahan teori ini bisa memberikan ide-ide baru dalam mengajarkan uang kepada anak kita.

Konsumsi yang terkontrol akan menghasilkan lingkungan yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer