BADAN HUKUM CU MOTOTABIAN: Nomor : 07/BH/XXV.13/DPPPKM-KK/XII/2010, tanggal 16 Desember 2010

Senin, 23 Januari 2012

Inspirasi dari pemimpin

 
Seorang pemimpin haruslah memiliki kualitas tertentu yang mampu menjadikannya sebagai sebuah teladan, tidak hanya sebagai seseorang yang mengatur kelancaran jalannya sebuah pekerjaan. Tentunya setiap pemimpin memiliki gayanya masing-masing sesuai dengan karakter dan orang-orang yang dipimpinnya. Berikut empat teknik yang dapat Anda pelajari untuk menjadi seorang pemimpin yang menginspirasi. 






1. Susun Prioritas Anda 

Segudang kegiatan dikantor tentu membutuhkan prioritas untuk dikerjakan dan mengambil perhatian Anda, pikirkanlah untuk memilih pekerjaan yang penting dan mendesak untuk dikerjakan terlebih dahulu dan pekerjaan yang lain dapat dikerjakan setelah prioritas terpenting telah terlaksana dan masukkan waktu tertentu apabila pekerjaan yang Anda kerjakan harus dalam waktu tertentu seperti meeting, sesuai deadline dan sebagainya.Secara tidak langsung dengan membuat prioritas Anda memiliki jadwal sendiri dan pastikan diri Anda mematuhi jadwal tersebut karena sifat dari waktu yang sangat terbatas. Ini dapat meminimalisir kekacauan saat ada pekerjaan yang lain datang secara tiba-tiba. 

2. Tujuan 
Milikilah tujuan yang jelas atas tiap pekerjaan Anda, dengan memiliki tujuan Anda akan lebih fokus dan  selalu bersemangat selama tujuan Anda belum tercapai. Pertimbangkan juga konsekuensi pada saat menetapkan tujuan apakah hal tersebut lebih banyak memiliki manfaat dibandingkan hal negatif lain apabila dikerjakan. 

3. Disiplin dan sesuai jadwal
Disiplin adalah suatu kondisi dimana terdapat perasaan taat dan patuh terhadap nilai yang dipercaya secara bertanggung jawab dan hal tersebut berlangsung secara berulang. Kedisiplinan dapat dibangun sesuai mentalitas kita sebagai seorang profesional, dengan memiliki kedisiplinan yang baik akan mempermudah Anda untuk meraih kesuksesan. 
Memang tidak mudah untuk membangun kedisiplinan, namun dengan perhatian khusus Anda dapat membangun kegiatan Anda lebih disiplin dengan memberikan reward dan punisment untuk setiap kegiatan Anda, contohnya dalam membangun kebiasaan membaca, Anda dapat menentukan waktu untuk membaca selama satu jam, berikan reward saat Anda selesai menyelesaikan buku atau punishment saat Anda malas melakukan kegiatan yang telah Anda tetapkan. 

4. Catatan kecil Solusi & Inspirasi 
Setiap orang memiliki masalah yang berbeda dan cara penyelesaiannya pun berbeda tergantung masing-masing orang dan norma-norma yang dianutnya. Namun Anda dapat memberikan nilai lebih bagi setiap aktivitas Anda saat anda memiliki ide yang lebih efektif, solusi yang lebih baik dari suatu masalah ataupun inspirasi untuk digunakan di kegiatan lain.Otak kita memang memiliki kapasitas yang tak terbatas, namun tidak ada salahnya Anda memastikan hal-hal terbesut dapat Anda akses kembali dengan mencatatnya. Sehingga Anda dapat menggunakan catatan tersebut di saat yang tepat ataupun anda evaluasi diwaktu senggang Anda.


Hal-hal kecil sering kali dapat membuat perubahan untuk hal-hal besar, karena itu siapkan diri Anda untuk menjadi lebih baik sehingga tidak hanya menjadi pemimpin yang baik, Anda juga dapat menginspirasi rekan-rekan Anda yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer